Monday, April 17, 2017

Cara bernapas dengan benar

bernafas
Di dengar dari judul nya cukup aneh ya ?
padahal kan bernafas itu adalah hal yang mudah atau alami 
Tetapi tahukah kamu, kesibukan orang orang di dunia yang modern ini kebanyakan dari kita lupa cara bernafas yang benar, sehingga asupan oksigen yang di terima tidak cukup.

Apa efek dari kekurangan asupan oksigen ini ?
mudah sekali lelah atau tubuh tidak fit, misalnya baru beberapa anak tangga yang di naiki
sudah terengah-engah.

Bagaimana solusinya?
Dengan mehamai betul otot-otot seperti otot perut, paru paru, diafragma.
ketika anda melakukan latihan pada otot otot ini, bukan hanya pernapasan anda yang membaik tetapi  anda juga akan merasakan penambahan kekuatan saat berolahraga, level kekuatan yang lebih besar.

lakukan step by step dua minggu sekali :

  • Stretch. Duduk tegak dan letakkan satu tangan di atas kepala sehingga bisep Anda menutupi telinga. Tarik napas sambil memiringkan tubuh dengan arah yang berlawanan dengan tangan yang diangkat. Ulang untuk sisi yang satunya. Lakukan 3-4 kali.
  • Fokus pada buang napas. Ambil napas lima kali, namun fokuskan pada buang napas. Ibaratkan seakan Anda membuang seluruh oksigen yang Anda hirup sambil menahan otot perut. 
  • Sesap udara. Ambil napas, lalu tanpa membuang napas, ambil napas lagi dengan membuka mulut seakan-akan Anda sedang ‘menyesap’ udara. Setelah sekali menyesap udara, terus lakukan gerakan menyesap udara ini selama sekitar 2-3 detik. Ulang 10 kali.
  • Meniup lilin. Gerakan membuang napas yang ‘tajam’ dan cepat, seperti sedang meniup lilin ulangtahun, melibatkan otot perut sehingga Anda bisa exhale dengan efektif. Buang napas melalui mulut seakan-akan Anda sedang meniup sederetan lilin, ulang 20-30 kali.
  • Jatuhkan perut. Ambil posisi merangkak, jaga punggung tetap lurus, relakskan perut, dan biarkan perut ‘jatuh’ ke lantai. Ketika membuang napas, ‘angkat’ perut dengan mengkontraksikan bagian tengah tubuh dan menahannya selama 1 detik, lalu ‘jatuhkan’ lagi saat mengambil napas. Ulang 10-15 kali.


EmoticonEmoticon