Wednesday, April 5, 2017

Hacker lulusan SMP yang Meretas situs Tiket.com dan 4.600 situs lain Di tangkap

Haikal ditangkap polisi
Direktorat Siber Bareskrim Polri mengungkap otak pelaku pembobolan jual-beli tiket online PT Global Networking. Otak aksi peretasan ini adalah SH (19) alias Haikal, yang merupakan lulusan SMP.

SH diketahui sudah meretas sebanyak 4.600 situs, termasuk situs milik Polri. Dia belajar meretas ini secara otodidak melalui internet.


Uang hasil pembobolan ini pun cukup besar yaitu senilai 600 juta.
dari 4.600 situs yg dia retas di antara nya ada situs milik polri,  situs pemerintah pusat dan daerah, situs ojek online dan beberapa situs luar negeri.

Haikal A.K.A H3LL_ID
Haikal mengaku bahwa uang yang dia dapat kan untuk berfoya foya. ia juga mengaku uang yg dia dapat digunakan untuk membeli motor sport ducati yang harganya ratusan juta rupiah.


Akibat tindakan pembobolan tersebut perusahaan PT Global Networking mengalami kerugian lebih dari Rp 4 miliar. Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan oleh PT Global Networking selaku pemilik situs tiket.com pada 11 November 2016.

Menurut ahli digital forensic Ruby Alamsyah, tindakan peretasan oleh Haikal ini masih dalam level yang 'cetek'. Hal ini memungkinkan bisa dikarenakan pengamanan server jual-beli tiket online tersebut memang rendah

 
Hacker yang jenius, dijelaskan Ruby, biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu terhadap target target, lalu membuat tools dan membuat exploit versi mereka sendiri. Lalu mereka akan meretas dan mengambil datanya untuk melakukan penutupan, sehingga nggak bisa ditangkap.


EmoticonEmoticon